Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Sebanyak 247 meter kubik sampah telah dikeruk dari Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya. Sebelumnya, kali yang melintasi Desa Setia Asih, Setia Mulya dan Pahlawan Setia itu pun tersebut sempat viral karena dipenuhi sampah hingga sepanjang lebih dari satu kilometer.

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dody Agus Suprianto menuturkan pasca viralnya sampah di kali tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi langsung melakukan pengangkutan massal yang dilakukan sejak Sabtu 05 Januari 2019 lalu.

“Sampai hari ini ada sekitar sebanyak 247 meter kubik sampah yang sudah diangkut atau sebanyak 300 truk sampah,” kata Dody Agus Suprianto usai menghadiri rapat koordinasi pemulihan Kali Pisang Batu di Kantor Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya, Jumat (11/01) pagi.

Menurut dia, dari satu kilometer lebih sampah yang memanjang menutupi sungai, kini tinggal sekitar 200 meter sampah lagi yang tersisa. “Mudah-mudahan hari ini sisanya dapat terangkut semua atau paling lambat besok sudah diangkut,” ucap dia.

Dari kasus tersebut, Dody berharap warga dapat mengambil pelajaran sehingga tidak membuang sampah sembarangan. “Karena persoalan sampah ini kompleks, tidak hanya bisa diselesaikan oleh pemerintah namun warganya itu sendiri. Maka harus ada peran aktif masyarakat,” ucapnya. (A.riri/Bc)