Asteroid yang Mendekati Bumi

Salah satu benda luar angkasa yang berpotensi mengancam Bumi adalah Asteroid. Badan Antariksa Eropa atau ESA pada Mei 2019, mengungkapkan jumlah total asteroid yang berpeluang mengancam Bumi meningkat menjadi 20.022.

Asteroid, disebut juga planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma (“ekor”) sementara asteroid tidak. Istilah ini secara historis ditujukan untuk semua objek astronomis yang mengelilingi matahari dan setelah diobservasi tidak memiliki karakteristik komet aktif

Selain ESA, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) hingga kini terus melacak sejumlah asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Astronom dari berbagai negara bekerja sama mengembangkan misi pertahanan Bumi dari bahaya benturan asteroid. Asteroid pernah menghantam Bumi pada kurun waktu 66 juta tahun lalu, sehingga melenyapkan dinosaurus dan dua pertiga dari kehidupan.

Bagaimana sesungguhnya ancaman asteroid yang kini mendekati Bumi? Lalu bagaimana dengan asteroid lainnya? Lihat dalam Infografis berikut ini:

asteroid yang mendekati bumi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!