Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Kabar tentang buaya yang berkeliaran di Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) tepatnya di Desa Srijaya RT 03/01 Kecamatan Tambun Utara viral di media sosial selama satu pekan terakhir.

Camat Tambun Utara, Dodo Hendra Rosika membenarkan hal itu. Menurutnya, ada dua buaya yang terpantau warga muncul di perairan tersebut.

“Info terakhir ada dua ekor. Dua-duanya jenis buaya rawa,” kata Dodo Hendra Rosika, Senin (07/01).

Hingga saat ini, sambungnya, kedua ekor buaya tersebut belum tertangkap dan masih berkeliaran.

“Belum (tertangkep-red). Saya sudah koordinasi dengan pengelola Taman Buaya di Serang Baru, tetapi ternyata orang (pawang buaya-red) dan alat untuk menangkapnya sedang digunakan di luar Bekasi,” ungkapnya.

Selain itu, hingga saat ini pihaknya masih mengupayakan untuk memburu reptil tersebut dengan menghubungi pihak-pihak terkait seperti BKSDA, BPBD dan Damkar Kabupaten Bekasi.

“Disisi lain kita juga sedang mengupayakan untuk menangkapnya dengan cara manual menggunakan umpan dan membuat perangkap yang terbuat dari besi. Buayanya kan keluarnya malam, jadi memang harus menggunakan perangkap seperti itu,” kata dia.

Oleh karenanya, ia menghimbau warga di sekitar lokasi untuk lebih waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di bantaran Kali CBL, khususnya kepada para petani yang mengambil air untuk mengairi lahan mereka menggunakan mesin pompa.

“Jadi pada saat beraktivitas, warga harus lebih waspada dan hati karena infonya kan sudah ada 3 kambing warga yang katanya dimangsa,” kata dia. (A.riri/Bc).