MediaLiputanIndonesia.com, (Lampung Timur) -, Masyarakat Tadah Hujan beserta Kepala desa (Kades), melakukan penyuluhan dan pemasaran Buah-buahan yang rutin diadakan setiap tahunnya, di Tadah Hujan, Rt. 5, Dusun 2, Desa Banjar Agung, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur. Selasa (08/01/2019).

Pemasaran pada kali ini dihadiri langsung oleh Camat Drs. M. Edy Susilo, beserta para Staf, Kepala desa Sunardi, Ketua Masyarakat Tani Muhammad Paijan dan para tamu-tamu undangan. Namun acara sederhana kali ini yang di pasarkan hanya buah terong dan gambas.

Pada awal pembukaan panen langsung Camat bertanya kepada Pak Muhammad Paijan, “Apakah keluhannya Pak”.

Selanjutnya Pak Muhammad Paijan menjawab pertanyaan dari Camat, “Untuk permasalahan pengairan kita yang kurang memadai, Apabila pada sewaktu musim panas harapan kami minta dibantu untuk permasalahan pengairan, Agar kami tidak terlalu jauh untuk mengambil air” pungkasnya.

Lanjutnya, “Hasil pengunduhan buah gambas bulan ini yang sudah terjual sekitar 5 Ton dan terjual seharga Rp. 5000, itupun harganya sudah menurun, kalau pada tahun yang lalu harganya mencapai Rp. 7000 perkilonya.

Muhammad Paijan kembali menerangkan, “Dari awal panen sampai selesai kami bisa mengumpulkan uang sebesar Rp. 80.000.000 Juta Rupiah. bahkan bisa beli mobil seharga Rp. 70.000.000. Namun untuk tahun ini kami baru bisa mulai memanen sebanyak 5 Ton gambas dan kami belum tau untuk seterusnya”. terangnya.

Kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pak Sunardi (Kades), yang telah membantu serta mensuport kami untuk lebih maju dan mengembangkan cocok tanaman sayur mayur, buah-buahan dan lain-lainnya, dan kami ucapkan terima kasih kepada Pak Camat yang telah hadir meluangkan waktu untuk desa kami ini dan memandu pemasaran sayur mayur dan buah buahan.” tutup Muhammad Paijan.

Dan turut juga Kades menuturkan permintaan maaf serta akan mengusahakan tentang permasalahan pengairan, “Mohon maaf untuk permintaan Pengairan akan saya usahakan untuk membantu di kala pada saat musim panas nantinya, Kita akan usahakan bagaimanapun caranya supaya tidak terlalu jauh untuk pengambilan air nantinya,” pungkas Sunardi.

Penulis : Muntiri.
Editor : Hanafi