Jakarta MLI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam event akbar Jakarta Fair Kemayoran 2019 yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke- 492 Kota Jakarta. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali membuka booth di Anjungan Pemprov. DKI Jakarta yang terletak pada Hall C1 – JIExpo Kemayoran selama 40 hari yaitu dari tanggal 22 Mei s.d. 30 Juni 2019.

Lebih dari 300 service point atau Unit Pelaksana PTSP dari tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten Administrasi, Kecamatan dan Kelurahan akan hadir di booth pelayanan secara bergantian setiap harinya termasuk pada saat libur Hari Raya Idul Fitri petugas tetap memberikan pelayanan bagi pengunjung booth.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melalui Komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati kembali hadir berpartisipasi dalam event Jakarta Fair Kemayoran 2019 untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada warga Ibukota terkait urusan penanaman modal dan pelayanan perizinan/non perizinan di wilayah DKI Jakarta”ujar Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, dalam keterangan tertulis, (29/5/2019).

Adapun jenis layanan yang diberikan yaitu Pelayanan Konsultasi dan Pemberian Informasi terkait perizinan/non perizinan. Bahkan, bagi pemohon yang telah membawa persyaratan secara lengkap dan benar dapat langsung mengajukan permohonan perizinan/non perizinan di booth DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Kami menerima seluruh jenis perizinan/non perizinan pada seluruh kewenangan dari tingkat Kelurahan,
Kecamatan, Walikota/Kabupaten Administrasi sampai Provinsi” ujar Benni.

Benni menambahkan, selain menyediakan pelayanan di booth, Program Government Branding atau pelaksanaan Komunikasi Masyarakat Terpadu dan Terintegrasi yang kerap dilaksanakan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga gencar dilakukan dalam event pameran terbesar dan terlama di Asia Tenggara ini guna memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.

“kami melakukan berbagai kegiatan aktivasi dalam Government Branding untuk membuat pengunjung tertarik mengunjungi booth dan juga menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung bahwa urus uzin sendiri itu mudah, di Jakarta” ujar Benni.

Berbagai kegiatan Government Branding yang dilakukan diantaranya Pemberian Souvenir untuk pengunjung booth melalui aplikasi mobile Jakarta Fair, pertunjukkan musik dan opera oleh Tim Melayani
Jakarta, Talkshow Interaktif, berpartisipasi dalam Semarak Warna Warni Carnaval 2019 yang juga diikuti
oleh brand/tenant ternama di Jakarta Fair Kemayoran, melakukan sosialisasi/ aktivasi pada panggung
Anjungan Pemprov DKI Jakarta dan Panggung Gedung Pusat Niaga, serta Final Lomba Aransemen Theme Song SETIA 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2019 mendatang di Panggung Budaya
Gambir Expo bekerja sama dengan JIExpo dan didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan, PLN (persero), PT Antam,Tbk, London School of Public Relations Jakarta, Kompas Gramedia, Cinema XXI, dan Hewlett Packard (HP), peserta memperebutkan Total Hadiah sebesar Rp.48,7 juta, 7 Gram Emas Murni dan hadiah menarik lainnya.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga berkesempatan menampilkan iklan layanan masyarakat “Urus Izin Sendiri Itu Mudah” pada LED dan panggung utama dalam rangkaian acara pembukaan secara resmi Jakarta Fair Kemayoran 2019” ujar Benni.

Benni menjelaskan Jakarta Fair Kemayoran menjadi tempat yang paling efektif bagi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan berbagai program Government Branding melalui kampanye “urus izin sendiri itu mudah”. Pasalnya pada ajang ini masyarakat dari berbagai kalangan mengunjungi kegiatan ini dengan jumlah pengunjung yang terus meningkat setiap tahun, dan berbagai pengusaha dari pelaku usaha mikro sampai dengan pengusaha besar turut berpartisipasi dalam ajang yang telah dilaksanakan ke-52 kalinya ini di Jakarta.

“Jakarta Fair Kemayoran merupakan tempat berkumpulnya warga dan terus dipadati pengunjung serta tenant setiap tahunnya. Dengan hadirnya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta seluruh pengunjung dan tenant dapat tersosialisasikan mengenai berbagai inovasi layanan yang memudahkan dan mendekatkan layanan kepada warga Ibukota, karena izin merupakan tanggung jawab yang melekat pada setiap insan. sehingga warga Jakarta benar-benar dapat merasakan bahwa Urus Izin Sendiri itu Mudah” ujar Benni.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan pojok testimoni bagi warga Ibukota untuk menuliskan pengalaman dan harapannya terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di DKI Jakarta. Terlihat beberapa pengunjung telah memanfaatkan pojok testimoni tersebut untuk memberikan masukan mengenai pelayanan perizinan dan non perizinan di wilayah DKI Jakarta.

“Pojok Testimoni ini sebagai bukti bahwa berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta merupakan jawaban dari tantangan dan harapan warga Ibukota terhadap terwujudnya pelayanan publik yang prima di Jakarta” ujar Benni.

Pembukaan Anjungan Pemprov DKI Jakarta dan Jakarta Fair Kemayoran 2019 Sementara itu Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan ajang Jakarta Fair Kemayoran dapat dimanfaatkan oleh seluruh perangkat daerah untuk mewujudkan Jakarta sebagai loveable city.

“Kita berharap bahwa anjungan Pemprov DKI Jakarta dapat mencerminkan semangat Jakarta sebagai loveable city atau kota yang dicintai oleh warganya” ujar Anies saat meresmikan Anjungan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran, (29/5/2019).

Lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa berbagai booth di Anjungan Pemprov. DKI Jakarta agar dapat memanfaatkan momen Jakarta Fair untuk menunjukkan program unggulan dan menerima masukan dari warga Ibukota.

“Kita ingin agar masyarakat melihat dari dekat program unggulan dan kemajuan Pemprov. DKI Jakarta. Kita harus manfaatkan momen ini untuk menerima masukan,” tuturnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran tetap menjadi ajang yang sangat membantu promosi bisnis dan investasi yang
menguntungkan bagi vendor dalam negeri, industri kreatif, serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

“Jakarta Fair Kemayoran akan mampu menciptakan ribuan lapangan kerja baru selama Ajang pameran itu
digelar” ujar Darmin saat membuka secara resmi pelaksanaan Jakarta Fair Kemayoran 2019 di panggung utama, (29/5/19).

Menteri Darmin mengajak seluruh pengunjung untuk turut menyukseskan Jakarta Fair Kemayoran 2019 dengan berbelanja dan bergembira.

“Karena dengan berbelanja dan bergembira di ajang pameran ini, Anda ikut berkontribusi terhadap berputarnya roda kegiatan perekonomian Indonesia, penciptaan lapangan kerja, peluang ekonomi inovasi produk dan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap perekonomian nasional kita” tutup Darmin. (Monti)