Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Dipimpin Aiptu Jhonson, Panit opsnal Unit Reskrim Cikarang Selatan, Unit Reskrim Polsek Cikarang Selatan telah melakukan penangkapan terhadap Tersangka SPI alias gondrong (38) dan NSN (28), yang di duga memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan 1 bentuk Tanaman (ganja) sesuai dengan pasal 114 ayat (1 Sub 111 ayat 1) UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, rabu (17/10) pukul 02.00 Wib.

“Sementara TKP penangkapan itu sendiri, bertempat di kontrakan H.Umang yang beralamat di Kp Harapan Baru Rt.03/ Rw 12 Desa Cikarang kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, “Kata Iptu Jefri,SH Kanit Reskrim Polsek Cikarang Selatan, Minggu (28/10) pagi tadi.

Masih menurut Jefri, adapun barang bukti yang berhasil di amanakan anggota kita dari tangan pelaku, 3 (tiga) paket Narkotika gol 1 dalam bentuk tanaman (ganja), dengan masing masing berat 1,61 gram, 1,61 gram dan 1,64 gram, serta uang pecahan kertas terdiri dari 1 lembar pecahan kertas senilai Rp.100.000 dan 2 lembar pecahan kertas senilai Rp.50.000 dan 2 (dua) unit handphone,” terangnya.

Terpisah, Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Alin Kuncoro,S.Pd menambahkan, bahwa Kronologis kejadian bermula ketika anggota Reskrim Polsek Cikarang Selatan mendapat info bahwa dilokasi TKP sering terjadi transaksi narkoba. Selanjutnya bersama anggota reskrim lainnya saat itu langsung melakukan penyelidikan di lokasi,” kata Alin.

Lanjut Alin, saat melakukan pengeledahan di TKP, dimana saat itu di temukan tersangka SPI di dalam rumahnya dan didapati 3 paket narkotika dalam bentuk tanaman (ganja) dengan berat masing masing 1,61 gram, 1,61 gram dan 1,64 gram, yang mana barang tersebut di simpan di bawah kasur tempat tidurnya,” tuturnya.

 

Hasil Interogasi yang dilakukan oleh anggota kita kepada tersangka diperoleh keterangan bahwa ganja tersebut dibeli dari tangan NSN pada hari Rabu tanggal 17 oktober 2018, sekitar jam 02.00 wib dengan cara memesan melalui handphone. Diketahui untuk harga 1 paketnya di beli senilai Rp.50.000, yang mana sebelumnya tersangka membeli sebanyak 5 paket Ganja dengan jumlah seluruhnya senilai Rp.250.000,- dan untuk 2 paket telah konsumsi (red-dipakai) tersangka SPI, kemudian tersangka berikut barang bukti di amankan ke Mapolsek Cikarang selatan,” papar Kapolsek Cikarang Selatan.

Alin juga menjelaskan, selanjutnya hasil keterangan SPI tersebut menjadi acuan anggota opsnal unit Reskrim Cikarang Selatan melakukan pengembangan dan penangkapan terhadap NSN dengan cara mendatangi tempat tempat tongkrongan tersangka, dimana saat itu tersangka NSN langsung dapat di amankan berikut uang sisa hasil penjualan dari tersangka SPI senilai Rp.250.000,-.

Selanjutnya kedua tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) yang isinya, Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I, pelaku dipidana penjara seumur hidup, penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar rupiah dan paling banyak Rp 10 miliar rupiah,” Kompol Alin Kuncoro menandaskan.(A.Riri).