Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) –Bertempat di Kantor Kecamatan Cibarusah, Kapolsek dan Kanit Binmas Polsek Cibarusah Ipda Jamil S bersama 4 personil lainnya, menghadiri undangan rapat minggon kecamatan dilanjutkan dengan penyuluhan dari kantor Kejaksaan Negeri Cikarang Bekasi, Rabu (31/10) pukul 09.30 Wib.

Hadir dalam rapat tersebut kasintel Kantor kejaksaan Negeri Cikarang Khoirudin SH, Camat Cibarusah Enop Can beserta Staf, Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman,SH beserta 4 anggota lainnya, Danramil Kapten Sunu bersama Babinsa, Para kepala Desa dan ketua BPD se-Cibarusah dan Para UPTD kecamatan Cibarusah serta para kepala sekolah SD, SLTP dan SLTA.

Adapun susunan acara dengan menyanyikan Lagu Indonesia raya di lanjutkan sambutan Camat Cibarusah Enop Can yang merasa berterima kasih dengan diadakan dan hadirnya para peserta acara rapat serta memperkenalkan peserta rapat dan menerangkan jumlah penduduk serta batas wilayah kecamatan Cibarusah.

“Terima kasih atas terselenggaranya acara rapat ini,Saya juga selaku Camat Cibarusah menerangkan, bahwa Kecamatan Cibarusah adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Berbatasan dengan kecamatan Serang Baru di utara, Kabupaten Bogor di barat dan selatan, Kecamatan Bojongmanggu di timur,” kata Enop Can.

Enop Can juga menjelaskan, bahwa Kecamatan Cibarusah merupakan sebuah wilayah yang cukup dekat dengan beberapa daerah bisnis terkenal seperti Cikarang dan Cibubur yang hanya membutuhkan sekitar 40-50 menit berkendaraan sepeda motor. Kecamatan Cibarusah terbagi menjadi tujuh Desa, diantaranya Kelurahan/Desa, Desa Cibarusah Jaya, Desa Cibarusah Kota, Desa Ridogalih, Desa Ridomanah, Desa Sindang Mulya, dan Desa Sirna Jati serta Desa Wibawa Mulya,” jelas Camat Cibarusah di akhir sambutan.

Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman,SH menambahkan, bahwa tugas Polri sangat berat maka dari itu, dalam bhabinkamtibmas di Desa harus bisa bersinergi dan berkerjasama dengan Kepala Desa,” kata Sukarman.

Tidak lupa, dalam sambutan Kapolsek Cibarusah juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim Kajari Cikarang Bekasi.

“Tidak lupa saya ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran team kajari Cikarang yang dengan senang hati mau untuk melakukan audiensi kepada jajaran pemerintahan Kecamatan serta Desa se-Cibarusah. Mengupas tuntas masalah-masalah yang selama ini menjadi kendala para Kepala Desa dalam membuat anggaran hingga realisasi anggaran tersebut, apalagi dana untuk desa terus mengalami kenaikan, Kita bersepakat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya masyarakat Desa,” terang Kapolsek.

Masih menurut Kapolsek, terkait serapan anggaran dana desa itu, jika bisa dilakukan dengan baik, maka perkembangan kehidupan khususnya desa juga akan baik. Sebab, peningkatan pendapatan bisa lebih baik, kesejahteraan rakyat pun tercipta.

Terkait masih ketakutan sejumlah perangkat desa menyerap anggaran karena terganjal masalah hukum, Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman menjelaskan, pihaknya telah membuka ruang komunikasi lebar-lebar untuk camat dan kepala desa, agar tak menyalahi hukum.

“Para Kepala Desa kita sarankan konsultasi kepada kami, gratis!!, Kami bersedia untuk membimbing dan mengarahkan para kepala desa, agar tidak ada korupsi terkait penggunaan Dana Desa di Kecamatan Cibarusah,” tegas Sukarman.

Untuk itulah, Polsek Cibarusah dalam hal ini menugaskan Bhabinkamtibmas yang berada di Desa Binaan secara khusus juga akan mengawal para kepala desa untuk menyerap anggaran desa dengan baik, sesuai dengan UU yang berlaku.Tujuanya adalah jangan sampai ada penyelewengan anggaran oleh kepala desa dan atau perangkat desa.

Lain hal dengan kasi intel Khoirudin yang menerangkan terkait aturan main Kejaksaan, dalam proses penyidikan ataupun penindakan.

“Tugas Kajari jelas bersinergi dengan Polri secara berkesinambungan, baik dalam proses penyidikan atau pun penindakan. Tugas seorang jaksa bisa sebagai lidik, Sidik dan Eksekutor,”kata Khoirudin.

Tugas kejaksaan dengan melakukan pengawasan anggaran, melakukan pengawasan proyek proyek nasional atau pun daerah pemerintahan. Diharapkan penggunaan Anggaran Desa harus berkoordinasi dengan instansi terkait,”tandasnya.(A.riri).