MediaLiputanIndonesia.com, (Bengkulu) -, Perencanaan Pembangunan Masjid Al – Mujahidin, di Desa Suka Rami, Kecamatan Kaur Tengah, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu dirancang pada tahun 2016, dan dilaksanakan pada tahun 2017, hingga sampai pada akhir tahun 2018 ini Masjid Al – Mujahidin belum juga selesai.

Bustami, sebagai Ketua panitia pembangunan Masjid Al – Mujahidin menjelaskan bahwa, untuk dana pembangunan Masjid ini diperoleh dari bantuan Swadaya Masyarakat atau Sumbangan Masyarakat, sedangkan bantuan dari pemerintah sampai sekarang ini belum ada.

Darmi menambahkan, Bahwa cara untuk memperoleh dana pembangunan masjid ini yaitu dengan melakukan kegiatan rutin di jalan, seperti halnya meminta sumbangan secara sukarela kepada pengendara-pengendara yang lewat di Desa Suka Rami, baik itu motor maupun mobil. Kebanyakan masyarakat bagian perempuan yaitu Ibu-ibu yang melaksanakan kegiatan tersebut. Hasil setiap harinya pun tidak menentu, kadang 300.000, 700.000 bahkan pernah mendapatkan sumbangan sebesar 1.000.000 ke atas.

Bustami juga menambahkan, Pada akhir tahun 2018 ini, pembangunan Masjid di Suka Rami lebih kurang sudah mencapai 30%, dan belum tahu pasti kapan selesainya, berhubung dana untuk pembangunan masjid ini hanya mengharapkan bantuan dari masyarakat.

“Tujuan pembangunan Masjid Al – Mujahidin di Suka Rami ini, karena Masjid Al – Mujahidin yang lama kapasitas muatan jamaah nya masih sempit dan sedikit, apabila saat hari besar-besar islam, seperti Hari Raya Idul Fitri muatan Masjid yang lama tidak lagi mampu memuat jamaah yang banyak berdatangan untuk melaksanakan Sholat ataupun kegiatan yang ada di Masjid, berhubung penduduk di Desa Suka Rami sudah bertambah banyak.” ujar Tina sebagai tokoh masyarakat, Sabtu (8/12/2018)

Bustami menambahkan, “Jika dana nya sudah ada pembangunan masjid dilanjutkan, jika dana nya belum ada pembangunan masjid diberhentikan dulu,” pungkasnya. (Gita).