Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Kepolisian Sektor Cibarusah melalui Bhabinkamtibmas Desa Sindangmulya Bripka Rudiyanto melaksanakan pemasangan spanduk himbauan kepada orang tua terhadap anaknya agar tidak membiarkan anaknya yang dibawah umur mengendarai sepeda motor di jalan raya. Jumat (04/01) pukul 09.00 Wib.

Kegiatan tersebut berlokasi di dua tempat, Perum Mutiara Bekasi Jaya dan Pertigaan Cigutul, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

“Belakangan ini, banyak anak di bawah umur yang bebas mengendarai motor atau mobil milik orangtua mereka di jalanan umum,”kata Bhabinkamtibmas Desa Sindangmulya Bripka Rudiyanto di sela kegiatan di dua tempat di wilayah Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

Menurut Bripka Rudiyanto, tentu saja tak sedikit dari mereka yang belum mempunyai surat izin mengemudi (SIM) atau tak mengenakan helm, jaket dan lainnya.Tak heran jika banyak korban berjatuhan yang melibatkan pengemudi di bawah umur,”ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman, SH menambahkan bahwa berkaitan dengan hal itu, kampanye imbauan untuk melarang anak di bawah umur berkendara semakin ditingkatkan. Contohnya Baliho imbauan yang dipasang anggota Bhabinkamtibmas di dua tempat di wilayah hukum Polsek Cibarusah. Ia mengunggah sebuah poster imbauan yang ditujukan untuk para orang tua yang membiarkan sang anak bebas berkendara di jalan raya,” kata dia ketika di temui di ruang kerjanya. Jumat (04/01), siang tadi.

Ia juga membeberkan, bahwa dalam poster itu terlihat seorang ayah yang sedang menangis di jalan raya melihat sang anak meninggal dalam kecelakaan motor. Bahkan dalam poster itu diceritakan bagaimana awalnya sang ayah mengajari anaknya belajar motor lalu dua hari kemudian sang anak telah bisa mengendarai motor sambil membonceng temannya.Namun, akhirnya justru sang anak meninggal dalam kecelakaan motor.

“Hari ini kau sudah bangga mengajarinya. 2 Hari kemudian kau biarkan dia pergi. Dan sekarang dia pergi selamanya. Jangan sampai semuanya terlambat!!,” bunyi isi dari baliho tersebut,”tutur Kapolsek Cibarusah.

Lanjut Kapolsek Cibarusah,bahwa baliho pesan seperti ini akan disebar luaskan di tempat tempat umum. Semoga kedepannya para ortu tidak salah kaprah dengan definisi “sayang” anak,” tambah AKP Sukarman.

“Akhir – akhir ini memang kurangnya kesadaran terkait penegakkan disiplin, terkadang orang tua juga tidak memberikan contoh yang baik tentang disiplin kepada anak anaknya.Maka dari itu,kita sebagai aparat penegak hukum di wilayah Cibarusah akan terus melakukan sosialisasi terkait hal ini,”tandas Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman.(A.riri).