Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Kanit Intelkam Polsek Cikarang Selatan Ipda Mamun,SH melakukan monitoring kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat di tingkat Kecamatan dalam rangka pemilihan umum Tahun 2019, yang di adakan Panwascam Cikarang Selatan, Kamis (18/10) pukul 14.30 Wib.

Bertempat di Ex RM. Sami Kuring yang beralamat di Jl. raya Cikarang – Cibarusah No.7 Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Panwascam Cikarang Selatan, diikuti 25 orang peserta dengan bertindak sebagai ketua panitia Haris Suhantra,SH yang juga Ketua Panwascam Cikarang Selatan, dengan Moto Bersama Rakyat Awasi Pemilu Dan Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Ketua Panwascam Cikarang Selatan menjelaskan,”Tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, agar memahami aturan yang telah diberlakukan sesuai undang-undang,” kata Haris.

Lanjutnya, kemudian memberikan pengawasan untuk malakukan pencegahan munculnya pelanggaran. Baik pidana mau pun kode etik yang sudah diatur dalam undang-undang. Salah satu contoh adalah pemasangan baleho,”Jelas Haris.

Terpisah, Kanit Intelkam Polsek Cikarang Selatan menambahkan, “Salah satu tugas Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dan tindakan pelanggaran. Bawaslu akan mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dan ditetapkan,” kata Mamun.

Dikatakan Mamun juga, Bawaslu dan pihak kepolisian meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan media massa untuk membantu dalam hal pengawasan Pemilu. Serta melaporkan kepada Bawaslu apabila ada terdapat dugaan pelanggaran dan gangguan kamtibmas, khususnya di Kecamatan Cikarang Selatan.

“Hasil sosialisasi ini agar dapat disampaikan juga kepada masyarakat. Harapan pihak kepolisian, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan adil, transparan, dan jujur. Sehingga pelaksanaan dapat berjalan aman dan sukses,” tutup Kanit Intelkam Polsek Cikarang Selatan.(A.riri).