Medialiputanindonesia.com, (LAMPUNG TIMUR) – Sebagai upaya mendukung program pemerintah, Pemerintahan Desa Mekar Karya memprioritaskan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2018, untuk membangun jambanisasi laven dan drenase, dan jambanisasi salah satu yang di prioritaskan oleh pemerintahan Desa Mekar Karya.

Kegiatan yang mengarah kepada warga kurang mampu tersebut dilaksanakan merata Desa mekar karya, Kecamatan waway karya, Kabupaten Lampung Timur. Disamping tim kegiatan dan Pendamping Desa, secara otomatis kegiatan juga melibatkan ratusan masyarakat sebagai tenaga kerja.

“Pelaksanaan program dana desa ini disamping untuk membantu mensukseskan program pemerintah khususnya dibidang kesehatan, juga bertujuan untuk lebih menciptakan lapangan kerja bagi warga mekar karya,” ujar Kades Mekar Karya, Sutris saat ditemui dikantornya, kamis (27/12/2018).

Menurut dia, selain infrastruktur jalan,laven dan drainase, program jambanisasi bagi warga kurang mampu merupakan masalah desa yang harus segera teratasi. “Hal ini menjadi penting, karena selain mampu melibatkan masyarakat banyak sebagai tenaga kerja, juga menyangkut kesehatan masyarakat luas,” katanya.

Melalui program jambanisasi itu, sutris mengharapkan masyarakat dapat lebih menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan tidak membuang hajat di sembarang tempat yang pada akhirnya menimbul berbagai penyakit, sehingga pola hidup sehat yang menjadi himbauan pemerintah dapat segera terwujud.

Pembangunan tersebut semakin maksimal dengan diterimanya bantuan dari pusat dan daerah berupa program Dana Desa (DD)Selain itu, dorongan swadaya masyarakat berupa tenaga, waktu dan materi juga menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan di desa mekar karya.

Selain itu, dalam rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) mekar karya tahun 2018 juga diurai. Rencana Pembangunan Dana Desa sebesar Rp 1.149.827.000., dana tersebut terbagi menjadi 3 kegiatan, meliputi pembangunan drainase sepanjang 1641 meter, Jambanisasi ¹00 unit dan laven sepanjang, 1050 m.

Dari pantauan dilokasi, rencana pembangunan Desa mekar karya tahun 2018 itu saat ini sudah direalisasikan selesai 100 persen. Ketiga pembangunan fisik seperti draenase, Jambanisasi dan laven sudah rapi dan terlihat selesai di kerjakan.(Abdulmutholib).