Medialiputanindonesia.com, (JAKARTA) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan pemerintah mempersiapkan fondasi industri digital. Langkah ini sebagai antihakisasi industri baru berbasis teknologi informasi.

Fokus pada mengokohkan fondasi, pemerintah tidak melakukan penguatan apapun kepada pelaku industri digital.

“Kemenkeu akan memformulasikan kebijakan fiskalnya untuk terus diteliti. Industri berbasis digital tentu membutuhkan transformasi, ”kata Menkeu Sri Mulyani di Jakarta.

Menkeu mengungkapkan contoh perusahaan memulai Unicom yang mampu mengumpulkan modal besar dari pasar global tanpa bantuan atau fasilitas pemerintah. Jadi, kata Sri Mulyani lagi, pemerintah hanya mengawal perubahan bisnis konvensional ke digital.

Diingatkan, disrupsi yang potensial terjadi negatif, berupa masalah-masalah penyerapan tenaga kerja di dalam perusahaan.

Pemerintah, lanjut Menkeu, RUU mengakselerasi di berbagai sektor ekonomi, tidak bisa menimbulkan masalah sosial yang besar. Karenanya, semua pihak perlu memahami bisnis digital dan menghadapi tantangannya. Perdagangan sekarang tak memegang ruang lagi, yang langsung atau tidak langsung menjadi bea dan cukai.(Piter riri).