Medialiputanindonesia.com, (BEKASI) – Bertempat di halaman SMA 1 Bojongmangu, Kecamatan Cibarusah,Kabupaten Bekasi Jawa Barat, telah dilaksanakan kegiatan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90.

Bertindak sebagai Irup H. Dadan Kepala Puskesmas Karang Mulya Kecamatan Bojongmangu. Hadir dalam Kegiatan tersebut Kapolsubsektor Bojongmanggu Ipda Heru Sutopo Kapolsubsektor beserta anggota, Koramil Cibarusah diwakili Pelda Budi Trisno ( Bakor ) berikut Anggota, Kecamatan Bojongmangu diwakili M. Rawal Yulius A.KS, MM ( Kasi Pem ), Kepala Desa Se Kec. Bojongmangu, BPD se Kecamatan Bojongmangu serta Kepala Sekolah, Guru Pengajar dan Siswa SMA 1 Bojongmangu, Senin (29/10) pukul 08.00 Wib.

Dalam amanat ini Irup menyampaikan pesan bahwa 90 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 29 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh Indonesia dari penjuru penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta.

“Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia,”kata Dadan.

Lanjut Dadan Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.Sumpah Pemuda di bacakan di arena Kongres Pemuda Kedua dihadiri oleh pemuda lintas suku agama dan daerah,Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda kedua kita akan menemukan Daftar Panitia dan peserta Kongres yang berasal dari pulau pulau terjauh Indonesia.

“Secara imaginative, sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah,”jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Muara Cibarusah menambahkan yang intinya mengajak kita semua untuk mengukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini.

“Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata AKP Sukarman, ketika di temui di ruang kerjanya, Senin (29/10) siang.

Menurut Sukarman, Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia. Bulan Juli 2017 Presiden RI telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“Melalui Perpres ini, peta jalan kebangkitan pemuda Indonesia terus kita gelorakan. Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928. Saatnya kita Berani Bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,” tuturnya.

Kapolsek Cibarusah juga meminta pada kepala desa tidak perlu takut terhadap pengawasan polisi dalam penggunaan dana desa setelah ditandanganinya nota kesepahaman antara Kepolisian RI, Kementeriana Dalam Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Yang jelas tidak ada niatan dari Polri untuk menakut nakuti aparatur desa dalam hal ini kepala desa yang akan menggunakan dana desa. Kita akan mendukung supaya dana desa itu nanti benar benar dipergunakan sesuai dengan peruntukannya,” kata Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman, SH.(A.riri).