MediaLiputanIndonesia.com, (BEKASI) – Pengawasan dan monitoring yang dilakukan pihak Kepolisian Sektor Cikarang Selatan yang diwakili Kanit Intelkam Ipda Mamun, SH beserta anggotanya Bripka Diki pada kegiatan Rakor penyempurnaan DPT hasil perbaikan dan sosialisasi gerakan melindungi hak pilih Pemilu 2019 di laksanakan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jumat (12/10) siang.

Bertempat di Ballroom Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang yang beralamat di jalan MH Thamrin Lippo Cikarang Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi Jawa Barat dengan jumlah peserta rapat mencapai 70 orang.

Ada pun kegiatan tersebut di hadiri oleh KPU Kab. Bekasi, Bawaslu Kab. Bekasi, Perwakilan parpol serta PPK seKabupaten Bekasi,dengan susunan acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan Ketua KPU Kab. Bekasi, pembacaan do’a dan terakhir penyampaian materi.

Sementara itu, Ketua KPU Kab. Bekasi Jajang Wahyudin, SIP, M.Si menerangkan terkait pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan DPT Pemilu 2019 dalam sambutannya.

“Kegiatan tersebut merupakan tahapan Pemilu 2019 serta program kelanjutan dari adanya Posko gerakan melindungi hak pilih (GMHP). DPT akan terus mengalami penyempurnaan dengan melalui termin untuk selalu mengupdate terus DPT, baik yang harus dimasukkan atau dihapus dari DPT,” kata Jajang.

Jajang juga menjelaskan, bahwa saat ini Jumlah DPTHP-1: 1.894.328 orang yang ada di 23 kecamatan dan 187 desa/kelurahan, bahkan kegiatan GMHP akan membuat posko ke tingkat PPS akan segera mungkin.Dan yang terpenting, selama kegiatan kampanye pemilu 2019 agar parpol peserta pemilu memberitahukan ke PPK dalam bentuk kegiatan kampanye tersebut,” jelasnya.

Lain hal dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Saiful Bahri yang memfokuskan pada titik pengawasan sesuai tugas dan fungsi Badan Pengawas Pemilu (red-Bawaslu) Kabupaten Bekasi.

“Menyampaikan sesuai amanat Undang – undang, bahwa tukposi Bawaslu melakukan pengawasan setiap rangkaian kegiatan tahapan pemilu tahun 2019, yang salah satunya melakukan pengawasan penyusunan daftar pemilih pada 2019, agar memastikan masyarakat Kabupaten Bekasi terdaftar dalam DPT,” tutur saiful.

Kanit Intelkam Polsek Cikarang Selatan Iptu Mamun menegaskan, ketika ditemui di sela acara rakor yang di selenggarakan KPU Kabupaten Bekasi.

“Berdasarkan program kelanjutan dari adanya Posko gerakan melindungi hak pilih (GMHP), DPT akan terus mengalami penyempurnaan dengan melalui termin untuk selalu mengupdate terus DPT untuk selanjutkan akan dilaporkan ke Pusat, karena nanti yang menetapkan adalah KPU Pusat,”katanya

Lanjut Mamun, agar kiranya dalam pelaksanaan kegiatan di maksud dapat berjalan dengan aman dan tertib, Personil Unit Intelkam Polsek Cikarang Selatan dibawah pimpinan saya sendiri, telah melakukan pengamanan secara tertutup, “Apapun kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah di Kabupaten Bekasi pasti kami amankan, demi terciptanya situasi yang kondusif di wilayah hukum Polsek Cikarang Selatan” Pungkas Kanit Intelkam Polsek Cikarang Selatan.(A.riri).